Headlines
Published On:Minggu, 28 Juli 2013
Posted by infosukabumi

Ancaman kejahatan dunia maya rambah perangkat bergerak

Jakarta, 25/7 - Ancaman kejahatan dunia maya kini merambah ke perangkat bergerak seiring dengan pertumbuhan pengguna "smartphone" melalui virus dan ancaman "phishing" yang mengintai pengguna internet.

"Pada kuartal pertama 2013, tercatat 22.750 modifikasi baru program berbahaya yang menyasar perangkat bergerak seperti "smartphone" dan komputer tablet." Kata Manajer Pengembangan Bisnis untuk Indonesia
Kaspersky Lab Asia Tenggara Dony Koesmandarin di Jakarta, Kamis.

Dony mengatakan, jumlah tersebut hampir setengah dari total jumlah modifikasi pada 2012, yang tercatat mencapai 40.059 modifikasi.

Dony mengemukakan, laporan terbaru Kaspersky Lab menyatakan jumlah pengguna internet yang menjadi korban serangan phishing yaitu, teknik mengambil data orang lain dengan cara seakan-akan situs tersebut asli, dalam 12 bulan terakhir meningkat 87 persen menjadi 37,3 juta pengguna dari 19,9 juta pengguna.

"Facebook, Yahoo, Google dan Amazon menjadi situs yang paling sering digunakan oleh para penjahat dunia maya untuk mengelabui pengguna internet," ujar Dony.

Menurut Dony, phishing yang awalnya hanya bagian dari spam, kini telah menjelma menjadi ancaman dunia maya tersendiri dan tumbuh dengan pesat.

Para penjahat dunia maya, lanjut Dony, semakin pandai memanfaatkan berbagai peluang yang ada untuk melakukan aksi mereka.

"Rata-rata pengguna `smartphone` juga mengakses internet melalui perangkat yang mereka miliki. Hal ini semakin memperbesar peluang penjahat dunia maya untuk menginfeksi perangkat pengguna," ujar Dony.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 03.00. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 03.00. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Ancaman kejahatan dunia maya rambah perangkat bergerak"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive