Headlines
Published On:Jumat, 26 Juli 2013
Posted by infosukabumi

BMKG CILACAP KELUARKAN PERINGATAN DINI GELOMBANG TINGGI

Cilacap, 24/7 - Stasiun Meteologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Peringatan dini ini berlaku mulai Kamis (25/7), pukul 07.00 WIB, hingga Jumat (26/7)," kata Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap, Teguh Wardoyo, di Cilacap, Rabu.

Dalam hal ini, kata dia, tinggi gelombang maksimum di wilayah pantai selatan Kabupaten Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta berpeluang mencapai 4 meter.

Sementara tinggi gelombang maksimum di wilayah Samudra Hindia selatan Cilacap hingga Yogyakarta berpeluang mencapai 5 meter.

"Gelombang tinggi ini terjadi akibat adanya peningkatan kecepatan angin yang bertiup di wilayah perairan, bukan karena adanya daerah pusat tekanan rendah maupun badai," katanya.

Ia mengatakan bahwa kecepatan angin di wilayah pantai berpeluang mencapai 20 knot dan di wilayah Samudra Hindia berpeluang mencapai 25 knot.

Menurut dia, kondisi tersebut juga berdampak pada peningkatan kecepatan angin yang bertiup di wilayah daratan Jateng bagian selatan karena berpeluang mencapai 20 knot.

"Bahkan hari ini, kecepatan angin di Cilacap rata-rata 18 knot," katanya.

Terkait peringatan dini gelombang tinggi tersebut, dia mengimbau nelayan berperahu kecil maupun operator tongkang untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan saat melaut karena gelombang tinggi dapat datang sewaktu-waktu.

Selain itu, kata dia, wisatawan yang berkunjung ke pantai diimbau untuk tidak berenang terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas seperti Pantai Widarapayung, Pantai Jetis, Pantai Puring, dan Pantai Petanahan, karena gelombang setinggi 4 meter dapat datang setiap saat.

"Kami telah menginformasikan peringatan dini gelombang tinggi ini kepada seluruh pengguna jasa kelautan," katanya.

Disinggung mengenai kemungkinan terjadinya hujan, Teguh mengatakan bahwa hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tetap berpeluang terjadi terutama pada malam hari di saat tidak terjadi angin kencang.

"Namun peluang hujannya berfluktuatif, kadang terjadi hujan setelah beberapa hari cerah," katanya.

 (Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 03.25. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 03.25. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "BMKG CILACAP KELUARKAN PERINGATAN DINI GELOMBANG TINGGI"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive