Headlines
Published On:Rabu, 24 Juli 2013
Posted by infosukabumi

BPBD DKI susun rencana darurat tingkat Kelurahan

Jakarta, 23/7 - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta akan menyusun rencana darurat alternatif atau kontinjensi (renkon) untuk mengantisipasi bencana banjir, khususnya pada tingkat kelurahan.

"Renkon ini disusun dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana banjir di seluruh wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Ery Basworo di Jakarta, Selasa.

Menurut Ery, penyusunan renkon pada tahap awal akan dilaksanakan di 11 kelurahan terpilih. Kedepannya, renkon akan dilaksanakan di 124 kelurahan yang terdampak banjir pada Januari 2013 mendatang.

Penyusunan renkon banjir untuk tingkat kelurahan, lanjut Ery, telah diluncurkan di Kantor Kelurahan Jelambar Baru, Jakarta Barat pada Kamis (18/7) lalu.

"Sebelumnya, kami telah menyelenggarakan Pelatihan Fasilitator Penyusunan Perencanaan Kontinjensi Banjir Kelurahan DKI Jakarta di Pulau Harapan, Kabupaten Kepulauan Seribu," ujar Ery.

Ery menuturkan pelatihan tersebut merupakan kerja sama BPBD DKI dengan Mercy Corps, Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI) dan World Vision Indonesia (WVI).

Pelatihan itu, sambung Ery, dilaksanakan mulai 24 hingga 28 Juni 2013 dan diikuti oleh 29 orang fasilitator yang berasal dari beragam organisasi dan kelompok warga di Jakarta.

"Dalam pelatihan itu, mereka berlatih memfasilitasi warga pulau Harapan menyusun renkon angin puting beliung. Kedepannya, mereka akan mendukung BPBD DKI dalam memfasilitasi� penyusunan renkon bencana banjir di 11 kelurahan di ibukota," ungkap Ery.

Sebelas kelurahan yang dimaksud, antara lain Kelurahan Pasar Minggu, Menteng Dalam, Pulo Gadung, Bidara Cina, Jelambar Baru, Kapuk, Kapuk Muara, Kedoya Utara, Semper Barat, Cawang dan Kampung Melayu.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 04.50. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 04.50. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "BPBD DKI susun rencana darurat tingkat Kelurahan"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive