Headlines
Published On:Minggu, 28 Juli 2013
Posted by infosukabumi

DISHUBKOMINFO Prediksi Pemudik Capai 15.000 Orang

Bengkulu, 26/7 - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Bengkulu memprediksi pemudik pada Idul Fitri 1434 Hijriah mencapai 15.000 orang.

"Kita perkirakan baik pemudik yang akan pulang ke Kota Bengkulu, maupun yang akan mudik dari Kota Bengkulu ke kampung asalnya berkisar tidak berapa jauh dari tahun kemarin tetapi mengalami kenaikan," kata Kepala Dishubkominfo Kota Bengkulu, Ivansori, di Bengkulu, Jumat.

Adanya lonjakan pemudik, menurut dia, oleh karena meningkatnya jumlah penduduk Kota Bengkulu dibandingkan dengan jumlah penduduk tahun lalu.

"Jumlah penduduk kita di Kota Bengkulu meningkat, dan masyarakat kota yang berdomisili di daerah lain juga meningkat, hal seperti ini yang menyebabkan lonjakan pemudik, yang seperti ini sebenarnya merupakan hal biasa," kata dia.

Untuk mengantisipasi kemacetan karena lonjakan pemudik, dia mengatakan, Dishubkominfo setempat akan menyiagakan personel di tempat-tempat rawan kemacetan.

"Kita akan dirikan tiga posko untuk pengamanan dan empat posko pelayanan untuk para pemudik, yang akan ditempatkan di dermaga, terminal, kawasan wisata dan pusat kota," kata dia.

Selain menyiagakan personel, menurut Ivansori, pihaknya juga melakukan pembenahan beberapa rambu jalan yang sudah tidak berfungsi.

"Persiapan semuanya sudah hampir selesai, kami memaksimalkan seluruh komponen yang ada untuk persiapan arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini," kata dia.

Untuk kelancaran lalu lintas, lanjutnya, jalan yang rawan kemacetan akan dijadikan menjadi jalan satu jalur.

"Tempat-tempat yang sering macet karena pemudik maupun pengunjung, jalan akan kita fungsikan jadi jalan melingkar satu arah, seperti di kawasan wisata Pantai Panjang misalnya," kata dia.

Dishubkominfo, kata dia, juga membangun koordinasi dengan jajaran terkait lainnya untuk menciptakan situasi yang kondusif bagi para pemudik.

"Tidak hanya personel kita, tetapi kita juga berkoordinasi dengan pihak kepolisiannya, otoritas pelabuhan, bandara, dan juga dari Pemkot Bengkulu," kata dia.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 04.47. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 04.47. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "DISHUBKOMINFO Prediksi Pemudik Capai 15.000 Orang"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive