Headlines
Published On:Jumat, 26 Juli 2013
Posted by infosukabumi

EKOR DINOSAURUS RAKSASA DITEMUKAN DI MEKSIKO



Mexico City, 24/7 - Tim paleontologi telah menemukan fosil bagian ekor dari dinosaurus yang berumur 72 juta tahun di gurun pasir Meksiko utara, Lembaga Nasional Antropologi dan Sejarah (INAH) melaporkan, Senin.

Ekor sepanjang lima meter itu ditemukan dalam keadaan baik, merupakan temuan pertama di perbatasan negara bagian Coahuila-Meksiko untuk jenis tersebut, kata direktur INAH, Fransisco Aguilar.

Terbukur selama lebih dari 72 tahun, ini merupakan fosil ekor dinosaurus utuh pertama terbesar di dunia yang bisa dilihat, lapor CBS News yang dipantau di Jakarta.

Antropolog dari INAH dan Universitas Otonomus Nasional Meksiko (UNAM) menyikat dari fosil tersebut untuk menyingkirkan pasir dan kerikil selama hampir 20 hari, secara perlahan bisa memperlihatkan 50 ruas ekor binatang bertulang belakang itu.

Pertama kali ditemukan pada Mei 2005 dan dilaporkan ke INAH pada Juni 2012, fosil itu diyakini merupakan milik harosaurus, yaitu dinosaurus berparuh bebek, namun kepastian jenisnya masih sedang dipelajari.

"Bagi penelitian dinosaurus, temuan ini sangat penting karena kami akan mengurutkan untuk mengungkap ciri-ciri jenis bertulang belakang ini. Bagaimana mereka terlihat memiliki perbedaan ukuran tergantung pada
kedudukan punggungnya," kata paleontologis Angel Ramirez Velasco dalam siaran pers yang disiarkan laman CBS.

Penggalian itu dilakukan situs di kota kecil General Cepeda di negara bagian Coahuila di Meksiko barat, daerah yang kini kering itu pada masa lalu letaknya lebih dekat ke pantai.

  (Antara/Reuters)

About the Author

Posted by infosukabumi on 03.15. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 03.15. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "EKOR DINOSAURUS RAKSASA DITEMUKAN DI MEKSIKO"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive