Headlines
Published On:Kamis, 25 Juli 2013
Posted by infosukabumi

KEMENPAN-RB Gunakan Sistem "CAT" Hindari KKN CPNS

Jakarta, 18/7 - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyiapkan sistem "computer assisted test" untuk seleksi calon pegawai negeri sipil guna menghindari seperti korupsi, kolusi, dan nepotisme dalam proses penerimaan CPNS.

"Sistem CAT berbasis online atau dalam jaringan diharapkan mampu mengurangi peluang penyalahgunaan oleh oknum tertentu. Selain itu akan menjadi fasilitas `real-time` CPNS untuk mengetahui berbagai informasi
mengenai dirinya melalui akses internet," kata Menteri PAN-RB Azwar Abubakar dalam "Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil" di Balai Kartini, Jakarta, Kamis.

Selama ini penerimaan PNS cenderung tertutup karena menggunakan sistem konvensional "off line". Akibatnya, CPNS tidak mengetahui perkembangan mengenai dirinya apakah berhasil atau tidak lulus dalam satu tahapan.

Dengan kata lain, melalui sistem lama CPNS atau peserta hanya dapat menduga-duga mengenai sebab gagal atau lulus ke tahapan tertentu.

Sistem CAT memungkinkan peserta seleksi melihat raport dalam jaringannya seperti nilai yang diraihnya dalam suatu tes.

Menteri mengatakan CAT merupakan salah satu bagian dari reformasi sistem pengadaan CPNS. Tujuannya adalah untuk mendapatkan PNS yang berkompeten dan berkualitas sesuai bidang masing-masing secara adil.

Selain itu, sistem tersebut dapat menekan terjadinya penyalahgunaan wewenang oknum untuk mencari keuntungan dengan menjadi perantara atau joki dalam penerimaan PNS.

Sebelumnya, Kementerian PAN-RB menyebutkan seleksi CPNS diharapkan dapat berlangsung secara obyektif, transparan, kompetitif, bebas KKN serta tidak dipungut biaya.

"Biaya pengadaan pelamar umum dibebankan pada anggaran masing-masing instansi," katanya.

Seleksi CPNS terdiri dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) berdasarkan kebutuhan jabatan atau formasi.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 05.46. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 05.46. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "KEMENPAN-RB Gunakan Sistem "CAT" Hindari KKN CPNS"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive