Headlines
Published On:Minggu, 28 Juli 2013
Posted by infosukabumi

MUI: Donor Darah tidak membatalkan puasa

Jakarta, 24/7 - Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Ma`ruf Amin mengatakan donor darah pada Ramadan tidak membatalkan puasa.

"Donor darah sama sekali tidak membatalkan puasa," ujar Ma`ruf di Jakarta, Rabu.

Donor darah, lanjut dia, justru berpahala apalagi dilakukan pada bulan suci Ramadan yang penuh berkah. Oleh karena itu, dia meminta umat Muslim tidak ragu melakukan donor darah saat berpuasa.

Sebelumnya, Kepala Bidang Penyediaan Darah Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Pusat (UTDP PMI) dr Ulfa Suryani MARS mengatakan persediaan darah nasional mulai menipis.

Bahkan untuk persediaan golongan darah A dan AB di Jakarta, Bogor, dan Padang dinyatakan sudah habis.

Sementara itu, persediaan darah untuk golongan O dan B masih dinyatakan aman karena 70 persen penduduk Indonesia memiliki golongan darah tersebut.

"Masyarakat banyak yang enggan mendonorkan darah saat puasa karena banyaknya mitos yang beredar seperti bisa membatalkan puasa dan membuat lemas. Padahal itu semua tidak benar," jelas Ulfa.

PMI bekerja sama dengan puluhan masjid, gereja, serta beberapa pusat perbelanjaan dengan membuka gerai sebagai lokasi donor darah.
(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 01.49. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 01.49. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "MUI: Donor Darah tidak membatalkan puasa"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive