Headlines
Published On:Rabu, 24 Juli 2013
Posted by infosukabumi

Pemerintah jamin Daging Sapi Impor Halal

Jakarta, 23/7 - Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan daging sapi beku impor asal Australia dijamin halal dan penolakan para pedagang daging sapi bukan terkait hal tersebut.

"Kalau yang kita impor dari Australia itu saya jamin halal, kita mengikuti betul terkait hal itu," kata Bayu seusai membuka pasar murah di Direktorat Pengembangan Mutu dan Barang, di Jakarta, Selasa.

Bayu mengatakan, Australia selalu mengutamakan kehalalan khususnya untuk para konsumen di Indonesia yang sangat sensitif.

"Mereka tahu bagaimana masyarakat kita sangat sensitif terhadap masalah kehalalan, jadi saya sangat yakin daging tersebut halal, dan penolakan beberapa pedagang tersebut terkait dengan selera saja," ujar Bayu.

Beberapa waktu lalu, para pedagang enggan menjual daging impor yang telah didistribusikan oleh Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) dengan alasan para pembeli mempertanyakan kualitas halal daging asal Australia tersebut.

Selain itu, alasan utama pedagang menolak daging impor terutama karena hal itu justru merugikan para penjual, karena pasokan daging dari rumah pemotongan daging sudah dibanderol dengan harga yang mahal sementara daging yang dipasok Bulog lebih murah, dan juga pedagang di pasar tradisional tidak memiliki fasilitas penyimpanan daging beku yang memadai.

Pemerintah berusaha untuk menekan harga daging sapi yang masih stabil di kisaran tinggi Rp95.000 per kilogram, bahkan pemerintah juga mendistribusikan 20 ton daging sapi lokal.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan pada Senin (22/7) lalu mengatakan bahwa untuk menstabilisasi harga daging sapi, didistribusikan 20 sampai 22 truk yang masing-masing berisikan satu ton daging sapi lokal yang halal.

Gita mengatakan, dengan adanya pasokan yang akan dilakukan hingga H-2 tersebut, diharapkan mampu menurunkan harga daging sapi yang hingga saat ini masih berada pada kisaran tinggi.

"Jika pendistribusian daging sapi ini bisa dilakukan secara sistematis di kurang lebih 22 titik yang diperbantukan akan sangat membantu untuk menstabilkan harga daging sapi," kata Gita.

Gita menjelaskan, terkait penolakan pedagang di Pasar Senen beberapa waktu lalu, akibat dari ukuran daging yang terlalu besar dan sulit dipotong, yang menyebabkan daging-daging tersebut tidak diminati oleh pembeli dan pedagang.

"Kemarin juga ada keterbatasan dengan mesin pendingin, namun kita sudah fasilitasi dan didistribusikan juga ke tempat lain," ujar Gita.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 05.10. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 05.10. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Pemerintah jamin Daging Sapi Impor Halal"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive