Headlines
Published On:Selasa, 30 Juli 2013
Posted by infosukabumi

Pertamina: Pasokan BBM Jabar Tetap Aman

Bandung, 31/7 - Pertamina menjamin distribusi bahan bakar minyak di wilayah Jawa bagian barat aman, meski terjadi kebocoran pipa di Tasikmalaya, karena stok mencukupi, kata VP Corporate Communucation Pertamina Ali Mudakir.

"Selama proses penanganan kebakaran dan kebocoran itu, pasokan BBM di wilayah Jawa bagian barat aman, karena stok mencukupi di wilayah itu, dan didukung pasokan dari terminal BBM Tasikmalaya, Ujungberung, serta Padalarang," kata Ali Mudakir dalam siaran persnya yang diterima Antara di Bandung, Rabu.

Ia menyebutkan, dengan ketersediaan itu, maka distribusi BBM ke masyarakat akan tetap berjalan lancar.

"Setelah api padam, Pertamina akan menutup kebocoran dengan perkiraan waktu penanganan sekitar dua hari," kataya.

Menurut dia, pihaknya melakukan penanganan maksimal terkait kebocoran dan kebakaran pipa, dengan mengerahkan potensi yang ada.

Kebocoran pipa BBM yang membentang dari Terminal BBM Lomanis, Jawa Tengah, menuju Terminal BBM Tasikmalaya diakibatkan oleh usaha pencurian dengan cara mengebor pipa dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ia menyebutkan kronologis kejadian itu, Selasa 30 Juli pukul 07.00 ditemukan kebocoran pipa BBM CB C yang dialiri Premium di Dusun Maribaya Ds Ancol Kec Cineam Kab Tasikmalaya, kira-kira 15 KM dari Terminal BBM Tasikmalaya.

Penyebab kebocoran tersebut terindikasi merupakan usaha pencurian dengan ditemukannya kran yang masih menempel di badan pipa, bor listrik dan Palu. Semua alat bukti tersebut telah diamankan dan kini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Dengan adanya kebocoran tersebut maka Pertamina segera menyetop pengiriman Premium dan menutup valve yang terdekat dari lokasi kebocoran. Untuk mencegah insiden karena masyarakat mulai melakukan aksi penampungan BBM yang sangat membahayakan keselamatan maka Pertamina segera melokalisir lokasi dan mencoba menampung tumpahan premium agar tidak mencemari
lingkungan dan mencegah potensi bahaya lainnya.

Dalam upaya penanganan kebocoran dan menampung tumpahan minyak tersebut kemudian timbul kobaran api disekitar lokasi kebocoran dan membakar mobil tangki penampung.

Pertamina segera mengerahkan tim pemadam kebakaran yang berasal dari Tasikmalaya, Cilacap, Garut, Balongan dan Jakarta untuk memadamkan api.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 21.40. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 21.40. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Pertamina: Pasokan BBM Jabar Tetap Aman"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive