Headlines
Published On:Jumat, 26 Juli 2013
Posted by infosukabumi

POLRI TURUNKAN 2/3 KEKUATAN AMANKAN ARUS MUDIK


Jakarta, 24/7 - Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo menyatakan bahwa kepolisian menurunkan 2/3 kekuatan untuk mengamankan arus mudik pada tahun ini.

"Semua personel ada dua pertiga kekuatan yang akan kita turunkan," katanya setelah rapat terbatas di Gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan personel kepolisian akan menjaga jalur mudik mulai dari kota besar hingga daerah.

"Kita mulai dari Jakarta, kemudian kota-kota besar, baik tingkat nasional maupun regional, di Jakarta bagi masyarakat yang akan mudik baik ke arah Sumatera atau Jawa itu yang kami prioritaskan," katanya.

Kepolisian, menurut Timur, juga akan melakukan operasi yang bekerja sama dengan pihak Tentara Nasional Indonesia maupun masyarakat.

"Di lingkungan provinsi atau daerah, Polri akan melakukan operasi kemudian dibantu oleh pemerintah daerah, TNI maupun warga masyarakat agar arus lebaran lancar dan mengantisipasi pembiusan dan pelanggaran hukum, termasuk kecelakaan, teror dan bom," katanya.

Timur juga mengimbau agar pengguna sepeda motor memanfaatkan angkutan kereta dan kapal laut yang disediakan gratis.

"Untuk pengguna sepeda motor sudah disiapkan angkutan kereta api dan kapal laut gratis yang disiapkan TNI AL dan Pelni, manfaatkan ini misalnya untuk jalur Jakarta-Kendal-Semarang," ungkap Timur.

Operasi Ketupat 2013 dalam rangka pengamanan mudik menjelang hari raya Idul Fitri 1434 H akan dimulai oleh kepolisian pada H-7.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan juga meluncurkan program pengangkutan motor dan pemudik menggunakan kereta api, kapal laut dan truk.

Misalnya, bagi pengendara sepeda motor yang menggunakan kereta api dan pengangkutan sepeda motor gratis, hanya orangnya yang harus membayar tiket.

Sementara kapal laut dan truk baik penumpang maupun pengangkutan motor tidak dipungut bayaran, bagi masyarakat yang menggunakan truk untuk mengangkut sepeda motor, pemiliknya akan menggunakan bus yang disediakan.

Target dari penumpang yang mengikuti program tersebut adalah 40.000 orang.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 02.56. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 02.56. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "POLRI TURUNKAN 2/3 KEKUATAN AMANKAN ARUS MUDIK"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive