Headlines
Published On:Kamis, 25 Juli 2013
Posted by infosukabumi

Program penataan Kampung Kumuh segera Terealisasi


Jakarta, 22/7 - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan segera merealisasikan program penataan kampung kumuh yang tersebar di lima wilayah di ibu kota.

"Tahap yang sedang kita lakukan sekarang adalah mengadakan survei lapangan di lokasi-lokasi yang sudah ditetapkan sebagai kawasan penataan kampung kumuh," kata Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan Daerah (Pemda) DKI Jakarta Jonathan Pasodung di Jakarta, Senin.

Menurut dia, data hasil survei itu akan dievaluasi oleh tim evaluasi wali kota di setiap wilayah. Selanjutnya, wali kota akan mengeluarkan surat data penerimaan bantuan sosial untuk satu nama atau kartu keluarga (KK) dan satu alamat.

"Dalam pelaksanaan program penataan kampung kumuh yang rencananya akan dimulai pada tahun ini, terdapat sejumlah pekerjaan sarana umum yang dikerjakan oleh suku dinas perumahan di masing-masing wilayah," ujar Jonathan.

Sehingga, Jonathan menuturkan, selain bangunan rumah warga, lingkungan sekitarnya juga turut dilakukan perbaikan, misalnya kondisi jalan dan saluran air.

"Program ini sifatnya renovasi rumah, bukan pembangunan rumah baru. Jadi, nanti warga ikut terlibat dalam pengerjaannya. Tujuan program ini adalah menata dan merapikan kampung agar tidak terlihat kumuh lagi," tutur Jonathan.

Jonathan menambahkan di dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang Penataan Kampung Kumuh, terdapat 27 lokasi di lima wilayah DKI Jakarta yang akan ditata perkampungannya.

Untuk wilayah Jakarta Pusat, penataan akan dilakukan di Petojo, Kemayoran, Galur, Tanah Tinggi, Karang Anyar, Bungur, Cempaka Putih, Kebon Sirih, Bendungan Hilir dan Utan Panjang. Untuk wilayah Jakarta Selatan, penataan akan dilakukan di Petogogan, Gandaria dan Pasar Minggu.

Kemudian, untuk wilayah Jakarta Timur, penataan akan dilakukan di Klender, Jatinegara, Cipinang Besar Selatan dan Pisangan Timur. Untuk wilayah Jakarta Barat, penataan akan dilakukan di Kelurahan Tambora, Kali Anyer dan Kapuk.

Lalu, untuk wilayah Jakarta Utara, penataan kampung akan dilakukan di Tanjung Priok, Semper Barat, Tugu Utara, Cilincing, Pejagalan, Marunda dan Pademangan Timur.

(Antara) 

About the Author

Posted by infosukabumi on 03.48. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 03.48. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Program penataan Kampung Kumuh segera Terealisasi "

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive