Headlines
Published On:Senin, 29 Juli 2013
Posted by infosukabumi

WALHI JABAR Gelar Diskusi Hari Sungai Nasional


Bandung, 28/7 - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jabar menggelar diskusi berbagi pengetahuan dan penyelamatan sungai di markas Walhi Kota Bandung, dalam rangka memperingati hari sungai nasional.

"Warga Jawa Barat harus berpartisipasi memelihara, merawat dan mengelola sungai dengan arif dan bijak dengan tidak membuang sampah dan limbah ke sungai dan sumber-sumber air," kata Direktur Eksekutif Walhi Jabar Dadan Ramdan di Bandung, Minggu.

Menurutnya, aparatur negara harus berani bertindak tegas terhadap siapapun termasuk memberlakukan pasal-pasal pidana lingkungan dengan mencemari sungai.

"Kami mendesak agar penegak hukum menindak tegas para pihak yang melakukan praktik pelanggaran pengambilan air permukaan sungai yang tidak sesuai aturan," kata Ramdan.

Di samping tindakan hukum yang tegas, pemerintah juga harus secara langsung mengajak masyarakat berpartisipasi menyelamatkan daerah aliran sungai
(DAS).

"Pemerintah pusat dan daerah harus berupaya menyelamatkan DAS dengan mengedepankan partisipasi masyarakat dan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal," katanya.

Walhi menegaskan pihaknya menolak kebijakan privatisasi air yang bisa menyengsarakan masyarakat. "Kami juga menolak kebijakan privatisasi air, sungai dan sumber-sumber air lainnya yang berakibat konflik dan
marjinalisasi akses rakyat terhadap air,"katanya.

 (Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 03.53. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 03.53. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "WALHI JABAR Gelar Diskusi Hari Sungai Nasional"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive