Headlines
Published On:Senin, 19 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

Badak Hitam-Timur yang Langka Lahir di Kebun Binatang Atlanta

Atlanta, 19/8 - Seekor badak hitam-timur lahir di kebun binatang Atlanta untuk pertamakalinya dalam sejarah tempat tersebut, sehingga menimbulkan harapan baru akan nasib satwa yang terancam punah itu.

Bayi badak itu lahir pada Sabtu malam, terlihat sehat bersama induknya, kata petugas kebun binatang, Minggu.

Anak badak itu belum diketahui jenis kelaminnya dan belum diberi nama.

"Peristiwa ini bukan hanya kejadian pertamakali bagi kebun binatang Atlanta -- sepanjang sejarah fasilitas tersebut yang dibangun pada 1889, namun satwa ini amat sangat terancam punah dan tentu saja menjadi
perhatian utama untuk saat ini," ujar Raymond King, pimpinan kebun binatang.

"Kami berharap, ketika memelihara pertumbuhan sang bayi, kami dapat menghangatkan kembali hubungan dengan satwa-satwa liar yang sangat membutuhkan pertolongan kita."

Si bayi badak yang saat ini masih belum menampakkan cula, lahir dari induk bernama Andazi, umur tujuh tahun bersama pasangannya Utenzi yang berumur sembilan tahun.

Itu adalah anak pertama pasangan badak tersebut setelah keduanya dijodohkan oleh Asosiasi Kebun Binatang dan Rencana Penyelamatan Badak yang berusaha meningkatkan populasi badak secara mandiri di kebun binatang Amerika Utara.

Kehamilan Andazi pada Desember sudah dipastikan melalui pemeriksaan USG awal tahun ini.

Masa kehamilan badak bervariasi antara 14 hingga 18 bulan, dan masa menyusui bayi berlangsung sekitar dua tahun, meskipun anak-anak badak akan tinggal bersama induknya hingga sekitar umur empat tahun.

Badak hitam timur banyak diburu hingga nyaris punah dan dalam beberapa dasawarsa terakhir keberadaannya benar-benar sangat menurun.

Mereka diburu karena cula, kulit dan bagian lain dari tubuhnya diyakini dapat diolah sebagai obat.

Program patroli perlindungan di wilayah hunian badak berhasil menolong meningkatkan kembali jumlah satwa tersebut sekitar 4.800 ekor di alam bebas.

Badak hitam dari barat sudah dinyatakan punah pada 2011.

Badak hitam pernah menjadi satwa yang melimpah jumlahnya, menurut Kebun Binatang Metroparks di Cleveland, tempat seekor bai juga dilahirkan tahun lalu.

Pada tahun 1970 jumlah badak hitam ditaksir sekitar 65.000 namun populasi dunia satwa itu turun menjadi hanya 15.000 pada tahun 1980-an.

(Antara/Reuters)

About the Author

Posted by infosukabumi on 04.15. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 04.15. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Badak Hitam-Timur yang Langka Lahir di Kebun Binatang Atlanta"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive