Headlines
Published On:Kamis, 15 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

BAWASLU Siapkan 26 Tim Pengawas Luar Negeri

Jakarta, 15/8 - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyiapkan 26 tim untuk pengawasan terhadap panitia pemilihan luar negeri (PPLN) pada Pemilu 2014, kata Anggota Bawaslu Nelson Simanjuntak di Jakarta, Kamis.

"Untuk Pemilu 2014 kami menambah dua tim pengawas, masing-masing terdiri atas tiga petugas, dari yang sebelumnya (Pemilu 2009) sebanyak 24 titik di luar negeri," kata Nelson dalam sebuah diskusi "Mengawal Pemilih Luar Negeri" di Gedung KPU Jakarta.

Nelson mengatakan penambahan tim di luar negeri tersebut belum dapat secara optimal melakukan kinerja pengawasan di setiap PPLN. Hal itu disebabkan oleh keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Bawaslu.

Sementara itu, salah satu anggota PPLN di Qatar, Muhammad Kamaludin, mengatakan total warga negara Indonesia (WNI) berusia pemilih di Doha tercatat sekira 38 ribu orang.

Dalam mengkoordinasikan dan menyosialisasikan pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu Anggota DPR tersebut diperlukan akses luas dalam menjangkau semua calon pemilih.

"Kesulitasn yang dihadapi adalah terkait akses dalam menghubungi mereka, karena banyak WNI yang bekerja sebagai asisten rumah tangga tidak mencantumkan alamt tempat mereka tinggal atau bekerja," kata Kamal.

Calon pemilih di luar negeri yang mudah dijangkau, lanjut dia, adalah mereka yang tinggal sebagai pelajar atau pekerja profesional.

"Kami sudah membuat laman web yang memudahkan mereka mendaftar secara online, sekaligus juga menyebarkan formulir untuk diisi. Data yang sudah masuk ada 12.700 orang dan masih perlu diverifikasi ulang apakah masih di Qatar atau sudah pindah," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat ada 4.694.484 WNI di 167 wilayah luar negeri yang berpotensi sebagai pemilih pada Pemilu 2014, meningkat dari jumlah pemilih pada Pemilu 2009 sebanyak 1.475.847 orang.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 16.47. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 16.47. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "BAWASLU Siapkan 26 Tim Pengawas Luar Negeri"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive