Headlines
Published On:Selasa, 20 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

BPPT Gelar Pameran Teknologi Peringati HUT

Jakarta, 20/8 - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggelar pameran produk teknologi hasil karya para penelitinya untuk memperingati hari jadi BPPT ke-35, sekaligus Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-18 dan HUT RI ke-68.

"Pameran ini diharapkan bisa bermanfaat untuk memperkenalkan produk-produk BPPT kepada masyarakat," kata Kepala BPPT Dr Marzan A Iskandar dalam sambutannya pada pembukaan pameran yang digelar di lobi kantor BPPT pada 20-22 Agustus tersebut di Jakarta, Selasa.

Dikatakan Marzan, banyak produk BPPT dalam bentuk prototipe yang sudah siap diproduksi massal, seperti pesawat nirawak misalnya Wulung, Sriti dan Alap-alap, yang akan diproduksi oleh PT DI untuk Kemhan, produk pangan untuk kondisi darurat BiskuNeo, kosmetik herbal antipenuaan dini dan lain-lain.

Ia juga mencontohkan, e-card reader (alat pembaca kartu elektronik), hasil pengembangan BPPT, yang akan diluncurkan pada puncak peringatan Hakteknas di Taman Mini pada 29 Agustus yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada pameran tersebut juga digelar berbagai produk hasil bioteknologi dan agroindustri seperti hasil olahan tanaman sorgum, produk-produk nanoherbal untuk kosmetik dan kesehatan, rekayasa teknologi untuk energi alternatif seperti pembangkit listrik biofuel, fotovoltaik, pembangkit listrik tenaga panas bumi, hingga teknologi TV digital.



Pembaca e-KTP

Sementara itu, Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) BPPT Dr Hammam Riza mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan peluncuran "e-card reader" untuk diproduksi massal oleh PT LEN, terkait ketetapan Kemdagri tentang pemanfaatan e-KTP mulai Januari 2014.

"Sekarang kami sedang menunggu Permendagri yang akan mensertifikasi prototipe `e-card reader` ini untuk bisa diproduksi oleh industri. Dengan demikian bisa dimanfaatkan segera untuk kebutuhan di dalam negeri,
khususnya untuk membaca e-KTP," katanya.

Ada dua model `e-card reader` yang dikembangkan oleh BPPT, ujarnya, yakni compact card reader yang sifatnya mudah dibawa (portable) khusus untuk pembacaan dan verifikasi e-KTP dan card reader yang tersambung ke komputer untuk melihat dan menyimpan data.

"Card reader ini juga tidak hanya bisa membaca e-KTP, tapi berbagai kartu elektronik lainnya dengan menambahkan `secure access modul`, tergantung kuncinya," katanya.

Card Reader BPPT ini, jelas Hammam, bisa digunakan juga untuk mengendalikan pemberian subsidi baik Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), kartu jaminan kesehatan, pendidikan dan sosial lainnya dengan menggunakan kartu elektronik.

Rencananya, pihaknya akan melakukan uji coba e-card reader itu untuk pemberian subsidi pangan kepada 100 warga miskin di Giant Kalibata, menggunakan dana Corporate social responsibility (CSR) pada pertengahan September, juga di Sleman yogyakarta pada November.

Menurut dia, kebutuhan pasar indonesia pada 2014 seperti kelurahan, kepolisian dan instansi pemerintah lainnya hingga perbankan, untuk tahap awal mencapai 5.000-10.000 unit.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 06.23. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 06.23. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "BPPT Gelar Pameran Teknologi Peringati HUT"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive