Headlines
Published On:Kamis, 01 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

Idul Fitri - KAI: 14 Ribu Pemudik Stasiun Pasar Senen

Jakarta, 1/8 - Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi I Jakarta, Sukendar, mengatakan sekitar 14 ribu pemudik akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dengan 27 kereta.

"Ada sekitar 14 ribu penumpang dari Stasiun Pasar Senen dengan 27 kali pemberangkatan (kereta)," kata Sukendar, di Jakarta, Kamis.

Ke-27 kereta ini terdiri dari 18 kereta api reguler dan sembilan kereta tambahan lebaran.

Jumlah penumpang ini mengalami peningkatan dibandingkan pada Rabu (31/7) yang mencapai 13.790 orang dengan 22 pemberangkatan (kereta).

Sukendar mengungkapkan bahwa jumlah penumpang dari Pasar Stasiun Senen ini merupakan yang terbanyak dari empat stasiun pemberangkatan di wilayah Daop I Jakarta.

"Pasar Senen terbanyak, diikuti Stasiun Gambir yang jumlahnya penumpang hampir berimbang, kemudian Stasiun Jakarta Kota dan selanjutnya Stasiun Tanjung Priuk," ungkapnya.

Sukendar mengatakan jumlah pemudik yang diberangkatkan dari Daop I rata-rata 32-34 ribu penumpang per hari.

"Dan ini hampir rata jumlah penumpangnya dari H-7 hingga H+7, sehingga tidak ada istilah puncak arus mudik untuk angkutan kereta api," tegas Sukendar.

Dia mengatakan bahwa jumlah tiket kereta api yang dijual dari H-7 hingga H+8 sekitar 520 ribu penumpang dan tinggal tersisa sekitar 95 ribu penumpang.

"Untuk tiket arus mudik sudah habis, yang tersisa untuk H+1 hingga H+10, dan itu hanya di hari tertentu saja," jelasnya.

Dia mengungkapkan bahwa KAI telah menerapkan "boarding pass" ketat terhadap para penumpang, sehingga setiap tiket untuk satu penumpang dan sesuai dengan kapasitas tempat duduk kereta api.

"KAI tahun ini tidak ada toleransi, tiket harus sesuai dengan identitas penumpang, jika tidak dilarang masuk stasiun," katanya.

Masalah aturan tiket ini, lanjut Sukendar, masyarakat sudah mengetahuinya, apalagi sejak 90 hari sebelum hari keberangkatan tiket sudah dijual.

"Masyarakat sangat antusias menghadapi lebaran ini dengan membeli tiket, baik langsung ke loket maupun secara online," jelasnya.

Berdasarkan pantauan Antara di Stasiun Pasarsenin, memang tidak terlihat penumpang seperti tahun sebelumnya.

Para penumpang yang datang ke stasiun sebagian besar sudah memiliki tiket dan datang sesuai jadwal keberangkatan.

Pihak stasiun juga tidak menyediakan tenda penampungan untuk para penumpang. Hal ini berbeda pada tahun sebelumnya pihak KAI yang mendirikan tenda penampungan, sehingga lahan parkir menjadi berkurang.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 05.02. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 05.02. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Idul Fitri - KAI: 14 Ribu Pemudik Stasiun Pasar Senen"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive