Headlines
Published On:Selasa, 20 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

Idul Fitri - MENHUB: Pelaksanaan Angkutan Lebaran 2013 Lebih Baik

Jakarta, 20/8 - Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan menilai pelaksanaan angkutan Lebaran 2013, saat arus mudik maupun balik, berlangsung lebih baik dibanding tahun 2012.

"Pelaksanaan angkutan lebaran tahun ini lebih baik," kata EE Mangindaan saat Penutupan Posko Terpadu Nasional Angkutan Lebaran 2013 di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Jakarta, Selasa.

Menurut Mangindaan, pelaksanaan angkutan Lebaran 2013 dapat dikatakan berlangsung baik antara lain karena adanya sinkronisasi program di semua sektor terkait angkutan lebaran.

Sinkronisasi tersebut, ujar dia, antara lain penanganan sarana dan prasarana, pengaturan liburan karyawan dan liburan anak sekolah yang cukup panjang, pemberian tunjangan hari raya (THR) yang lebih awal diberikan dan dilakukannya rekayasa lalu lintas untuk jalan raya serta komitmen pengaturan lalu lintas di lapangan oleh para petugas.

Menteri Perhubungan (Menhub) menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para petugas yang telah bekerja keras untuk mensukseskan angkutan lebaran.

Ia juga meminta kepada masing-masing Direktur Jenderal di Kemenhub untuk segera melakukan analisis dan evaluasi penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2013 sekaligus mencari upaya dan terobosan baru guna peningkatan pelayanan angkutan lebaran tahun yang akan datang.

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto juga menyebutkan bahwa arus mudik Idul Fitri 1434 Hijriah yang baru berlangsung lebih lancar daripada saat Lebaran 2012.

"Berdasarkan pemantauan kami, secara umum arus mudik tahun ini lebih lancar dibandingkan dengan tahun lalu," kata Djoko Kirmanto.

Menurut Djoko, sejumlah faktor yang mendukung arus mudik 2013 lebih lancar, antara lain kapasitas jalan yang diperbaiki dan ditambah oleh Pemerintah.

Setelah kapasitas jalan diperbaiki dan ditambah, kata dia, belum ada keluhan dari pemudik terkait dengan kesiapan infrastruktur jalan pada saat mudik. "Kemacetan terjadi lebih karena volume kendaraan, bukan disebabkan kondisi jalan," katanya.

Menteri PU juga mengatakan tim dari Kepolisian Republik Indonesia juga layak dipuji karena telah bekerja keras guna menertibkan pasar tumpah dan mengatur perjalanan.

Selain itu, Djoko Kirmanto juga mengapresiasi adanya peningkatan kesadaran masyarakat untuk mengemudikan kendaraan dengan tertib serta mempersiapkan kendaraannya secara prima sebelum mudik.

Ia juga mengapresiasi banyaknya mudik gratis yang diselenggarakan oleh perusahaan swasta, BUMN, dan partai politik. "Kemenhub juga menyediakan banyak kendaraaan untuk mudik gratis," ujarnya.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 06.39. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 06.39. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Idul Fitri - MENHUB: Pelaksanaan Angkutan Lebaran 2013 Lebih Baik"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive