Headlines
Published On:Jumat, 16 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

Indonesia Bisa Lakukan Langkah Nyata Bantu Mesir

Jakarta, 15/8 - Pemerintah Indonesia bisa melakukan langkah nyata untuk  membantu mengatasi konflik berdarah di Mesir, kata seorang cendekiawan  Indonesia di Amerika Serikat Muhammad Syamsi Ali.

"Indonesia bisa mengambil langkah-langkah praktis yang bersifat pemecahan  masalah yang realistik," kata Syamsi yang juga imam di Islamic Center New  York, AS, dalam surat elektroniknya yang diterima di Jakarta, Jumat,  menanggapi krisis di Mesir yang kian memburuk.

Konflik antara pendukung mantan Presiden Mesir Mohamad Mursi dengan  pendukung pemerintahan baru hasil kudeta militer makin memburuk dan  menambah korban jiwa dan luka-luka dari rakyat Mesir lebih banyak bahkan  Wakil Presiden Mesir Elbaradei telah mengundurkan diri.

Ia sangat menghargai atas pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menunjukkan kepedulian bagi penyelesaian konflik di Mesir, namun, pernyataan keprihatinan akan kekerasan yang terjadi, dengan harapan  terjadinya rekonsiliasi, di saat ribuan yang telah menjadi korban, belum  cukup.

Menurut alumni pascasarjana Universitas Islam Internasional, Pakistan, itu  ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk membantu  penyelesaian tragedi Mesir, pertama, melakukan permintaan resmi agar  dilakukan pertemuan darurat OKI (Organisasi Konferensi Islam) untuk
mengambil langkah-langkah kongkret membantu mengatasi tragedi Mesir.

Kedua, menurut Syamsi yang pernah mengajar di Islamic Education Foundation  di Jeddah, Arab Saudi, pemerintah Indonesia bisa meminta pertemuan darurat  Komisi HAM PBB untuk membahas pelanggaran kemanusiaan atas pembantaian  massif di Mesir.

"Kehati-hatian pemerintah Indonesia dapat dipahami, salah satunya, karena  ingin tetap terjadinya perlindungan maksimal terhadap warga Indonesia di  Mesir, khususnya para mahasiswa, tetapi tidak ada salahnya jika tegas.  Sikap tegas pemerintah Indonesia tidak saja akan menjadi benteng  pertahanan nilai demokrasi Indonesia namun juga menjadi kontribusi besar  bagi Islam terhadap demokrasi bahkan menjadi kontribusi bagi proses  demokratisasi dunia," katanya.

Direktur Jamaica Muslim Center di AS itu mengingatkan bahwa Indonesia  adalah negara berpenduduk Muslim terbesar, berpenduduk terbesar keempat,  dan dikenal sebagai negara demokrasi ketiga setelah ASa dan India.

Bahkan secara ekonomi global pun Indonesia diakui sebagai negara di antara  negara-negara emerging conomic power�, merupakan kekuatan  ekonomi terbesar kedua di Asia setelah China.

Belum lagi peran Indonesia di Gerakan Non-Blok, OKI, APEC, ASEAN, dan  sebagai anggota G-20.

"Itu semua yang menjadikan Indonesia memili posisi tawar di dunia  internasional," katanya.

Apalagi, kata Syamsi menambahkan, Indonesia seringkali dianggap sebagai  sebuah negara model pertautan antara Islam dan demokrasi sehingga  seharusnya ada kewajiban moral untuk menjaganya dan bahkan menularkannya,  khususnya kepada negara-negara Islam di Timur Tengah.



(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 20.17. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 20.17. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Indonesia Bisa Lakukan Langkah Nyata Bantu Mesir "

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive