Headlines
Published On:Kamis, 15 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

Indonesia Mulai Terapkan Program SCP

Jakarta, 14/8 - Indonesia mulai menerapkan program Sustainable Consumption and Production (SCP) yang diprakarsai oleh lembaga PBB mengenai Lingkungan Hidup (UNEP).

"Saat ini programnya sudah berjalan meskipun skalanya masih kecil," kata Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas Kementerian Lingkungan Hidup, Henry Bastaman, di Jakarta pada Rabu.

SCP adalah Kerangka Kerja 10 Tahun Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan yang dilaksanakan secara interbasional dengan perwakilan sepuluh negara, salah satunya adalah Indonesia.

"Program yang diangkat antara lain Program Quick Win yang mencakup Green Building, Green Public Procurement, Green Industry, serta Green Tourism," jelas Henry.

Sedangkan peluncuran program Sustainable Public Procurement (SPP) dan Consumer Information akan dilakukan pada akhir 2013.

Untuk `green building`, Henry mengatakan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum menciptakan bangunan yang ramah lingkungan.

"Memang belum banyak karena belum lama mulainya. Tapi ini progresnya akan sangat cepat," kata Henry.

Hal itu dikatakan Henry mengingat banyaknya daerah selain Jakarta yang ingin menerapkan pola bangunan ramah lingkungan.

Untuk penerapan `green goverment` pemerintah terus menerus berupaya untuk menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharukan.

"Hal yang lain adalah bagaimana publik mengkonsumsi produk yang ramah lingkungan dan bisa membedakan mana yang ramah lingkungan dan mana yang tidak, ini yang disebut `green consumer`," kata dia.

Penerapan SCP oleh Indonesia dilaksanakan bersama-sama dengan berbagai instansi terkait seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Lembaga kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 16.11. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 16.11. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Indonesia Mulai Terapkan Program SCP"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive