Headlines
Published On:Selasa, 20 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

Jokowi Tokoh Politik Terpopuler di Jejaring Sosial

Jakarta, 19/8 - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo merupakan tokoh politik terpopuler di jejaring sosial berdasarkan hasil riset terbaru Prapancha Research.

Menyusul di belakang Jokowi adalah Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Menteri BUMN Dahlan Iskan, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, kata analis PR Rendy Mahesa dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin.

"Temuan ini muncul di tengah-tengah buruknya citra dunia politik di mata masyarakat, beberapa tokoh politik terbukti tetap memiliki reputasi yang cukup baik di mata khalayak muda," katanya.

Menurut Rendy, temuan tersebut merupakan hasil pemantauan yang dilakukan PR selama tujuh hari, dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 17 Agustus 2013, dengan total 230 ribu percakapan, yang dimaksudkan untuk mengetahui persepsi publik termutakhir yang berkembang perihal tokoh-tokoh politik.

Dalam temuan PR, Jokowi dan Ahok jauh meninggalkan tokoh yang lainnya baik dalam hal popularitas maupun skala sentimen positif.

"Pernyataan-pernyataan tegas Ahok terkait kebijakan Pemda DKI menuai sentimen yang positif dari sampel akun anak muda yang kami pilih secara acak. Dengan adanya konflik penataan PKL tempo hari, kuantitas
perbincangan naik," kata Rendy.

Sementara Jokowi memang sudah konstan diperbincangkan secara positif dengan kuantitas tinggi, termasuk di kalangan anak-anak muda, tambah Rendy.

Dengan nada yang umumnya amat positif, kata Rendy, Jokowi dan Ahok terpantau diperbincangkan sebanyak 105 ribu dan 58 ribu kali.

"Gagasan yang sedang marak berkembang saat ini beranggapan apapun yang dilakukan Jokowi-Ahok adalah untuk kepentingan rakyat. Orang-orang, terutama anak muda, juga cenderung mengelu-elukan pasangan ini tak ayalnya pemimpin hebat atau pahlawan," kata Rendy.

Sementara itu Dahlan Iskan diperbincangkan sebanyak 28 ribu kali. Namun, berbeda dengan Jokowi dan Ahok yang banyak diperbincangkan terkait persoalan yang mereka hadapi sebagai pejabat, Dahlan Iskan lebih kerap diperbincangkan terkait keseharian dan nasihat bijaknya.

Mahfud MD dan Gita Wirjawan diperbincangkan sebanyak 10 ribu dan 8.537 kali dalam tujuh hari pantauan. Mahfud umumnya dibicarakan karena pernyataan atau reputasinya yang tegas seputar persoalan hukum, sementara Gita terkait posisinya sebagai Ketua Umum PBSI.

Menurut Rendy, tanpa peristiwa besar tren ini cenderung akan bertahan.

"Tiap-tiap tokoh ini, kecuali Gita, tampaknya telah memiliki citra lekatnya masing-masing. Sulit untuk mengubah ini bila tak terjadi apa-apa
yang berarti," katanya.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 05.33. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 05.33. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Jokowi Tokoh Politik Terpopuler di Jejaring Sosial"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive