Headlines
Published On:Kamis, 22 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

KPU Imbau Masyarakat Cermati DPS Hasil Perbaikan

Jakarta, 22/8 - Komisi Pemilihan Umum mengimbau masyarakat aktif mencermati Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan yang dapat dilihat secara manual di Panitia Pemungutan Suara di desa/kelurahan atau dalam
jaringan http://data.kpu.go.id/dpshp.php.

"Silakan masyarakat mengecek lagi statusnya apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. Jika belum terdaftar segera melapor ke PPS setempat," kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Jakarta, Kamis.

Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) merupakan hasil koreksi terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) dengan memperhatikan masukan dan tanggapan masyarakat.

Pengumuman DPSHP berlangsung selama tujuh hari dari 17 Agustus lalu, dan setelah menerima masukan dan tanggapan masyarakat, DPSHP tersebut akan diperbaiki lagi dari 24 Agustus sampai 6 September 2013.

KPU kabupaten/kota menerima DPSHP akhir dari PPS pada 7 - 10 September 2013. Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dilakukan oleh KPU kabupaten/kota pada 7 - 13 September 2013.

"Mari manfaatkan waktu yang tersedia untuk mencermati DPSHP tersebut. Jangan nanti ributnya belakangan setelah KPU menetapkan DPT. Akan lebih baik jika ada data yang diragukan, koreksinya dilakukan sekarang sehingga DPT nantinya benar-benar komprehensif, akurat dan mutakhir," ujar Ferry mengajak dan mengingatkan masyarakat.

Sejak Panitia Pemutakhiran Data Pemilih menuntaskan proses verifikasi faktual terhadap data pemilih, posisi penyelenggara pemilu tidak lagi bersifat aktif tetapi masyarakatlah yang diharapkan untuk aktif melakukan
pengecekan terhadap setiap informasi tahapan pemilu yang disampaikan penyelenggara pemilu.

"Sikap proaktif itu sangat dibutuhkan sebagai bentuk partisipasi dalam pelaksanaan setiap tahapan penyelenggaraan pemilu. Salah satunya, pada tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. Jadi masyarakat dan penyelenggara harus sama-sama proaktif, sehingga kualitas daftar pemilih menjadi lebih baik," ujarnya.

Ferry menyadari tingkat kesibukan warga terutama di perkotaan sehingga tidak punya waktu untuk hadir ke PPS dan melihat secara langsung pengumuman DPSHP yang ditempelkan di kantor desa dan kelurahan.

Untuk itu, katanya, sejak awal KPU mendesain pengumuman DPS, DPSHP, dan DPT dalam dua versi yakni manual dan dalam jaringan (online).

Menurut Ferry, kemajuan teknologi selayaknya dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas demokrasi.

"Sekarang akses internet lebih banyak dilakukan dengan telepon genggam. Kami ajak semua masyarakat untuk menyempatkan diri mengakses situs KPU. Tidak hanya untuk kebutuhan pengecekan DPSHP tetapi untuk informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan semua tahapan pemilu," tuturnya.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 05.02. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 05.02. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "KPU Imbau Masyarakat Cermati DPS Hasil Perbaikan"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive