Headlines
Published On:Rabu, 21 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

Pakistan Sita 100 Ton Bahan Pembuat Bom di Quetta

Quetta, Pakistan, 21/8 - Petugas keamanan Pakistan menyita 100 ton bahan pembuat bom dari Quetta, salah satu kota di Pakistan yang sering dilanda kekerasan, pada Selasa malam, kata seorang petugas keamanan.

Bahan pembuat bom tersebut bertipe sama dengan yang digunakan dalam dua pemboman di kawasan Syiah di Quetta tahun ini yang menewaskan sekitar 200 orang, kata Kol. Maqbool Shah kepada Reuters.

Penggerebekan tersebut dilakukan sehari setelah dua lelaki ditahan saat mengemudikan truk berisi 15 ton potasium klorat, bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan bom, yang disembunyikan dibawah kotak berisi keripik kentang, kata Shah.

Berdasar informasi dari kedua orang tersebut, petugas menemukan sebuah gudang yang menyimpan potasium klorat, kabel-kabel, sulfur, bubuk aluminum, asam, peralatan peledak, senjata api, dan amunisi. Juga ditemukan mesin pencampur bahan peledak, katanya.

Sebanyak 80 drum bahan baku bom telah disiapkan dan siap diledakkan jika disambungkan dengan detonator, dan 10 orang telah ditahan," imbuhnya.

"Saya sangat bersyukur hari ini kita menyelamatkan Quetta khususnya, dan Baluchistan pada umumnya dari insiden besar," katanya.

Quetta merupakan ibukota provinsi Baluchistan, sebuah kawasan gersang kaya mineral yang berpopulasi jarang di wilayah barat negara, yang mencakup hampir separoh wilayah Pakistan.

Berbagai kelompok militan aktif di kota ini, termasuk Taliban, kelompok sektarian dan separatis nasionalis. Tentara paramiliter pemerintah juga dituding telah menyiksa dan membunuh warga sipil meski mereka membantah tudingan tersebut.

Belum jelas kelompok mana yang memiliki peralatan pembuat bom tersebut. Namun Laskar-e-Jhangvi, kelompok militan Sunni mengaku berada di belakang dua pengeboman di Quetta awal tahun ini.

Di salah satu peristiwa pengeboman, sekitar satu ton peledak disembunyikan di tangki air. Sedangkan dalam pengeboman lain, militan mengisi sebuah ambulans dengan peledak.

Kedua pengeboman tersebut menyasar komunitas Syiah Hazara, sebuah kelompok relijius minoritas yang berbeda etnis.

Setelah dua serangan tersebut, keluarga korban tewas duduk di jalanan bersama mayat-mayat korban selama beberapa hari sebelum pemerintah Pakistan berjanji untuk mengambil langkah.

Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif mengatakan ia berpegang pada komitmen untuk perdamaian.

Ia tidak memberikan klarifikasi apakah ia akan fokus pada pembicaraan dengan militan atau meningkatkan operasi keamanan melawan mereka.

Para pakar mengatakan apapun keputusannya, ia tetap membutuhkan persetujuan angkatan bersenjata Pakistan.

(Antara/Reuters)

About the Author

Posted by infosukabumi on 04.23. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 04.23. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Pakistan Sita 100 Ton Bahan Pembuat Bom di Quetta"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive