Headlines
Published On:Rabu, 21 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

Pemerintah Akan Keluarkan Paket Kebijakan EkonomiI Jumat

Jakarta, 21/8 - Pemerintah akan mengeluarkan paket kebijakan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi guna mengatasi dampak perkembangan perekonomian global pada ekonomi dalam negeri pada Jumat (23/8).

"Paket akan segera disiapkan dalam dua hari ini, dan Jumat pagi akan saya putuskan sebagai paket kebijakan dan tindakan pemerintah untuk mengatasi masalah ini," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu.

Menurut Presiden, paket kebijakan itu kemudian akan diumumkan oleh menteri-menteri teknis untuk dilaksanakan segera pada hari berikutnya.

Pada kesempatan itu Presiden Yudhoyono menjelaskan jika paket kebijakan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di tengah perubahan perekonomian global, antara lain melalui upaya untuk mengamankan para pekerja dan mencegah terjadi pemutusan hubungan kerja,
menjaga nilai tukar rupiah atas dolar AS dan menjaga neraca pembayaran dan perdagangan.

Sementara itu sebelum rapat terbatas dengan Presiden Yudhoyono, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan jika Bank Indonesia akan terus menjaga neraca pembayaran dan inflasi di tengah-tengah perkembangan situasi perekonomian beberapa waktu terakhir yang menyebabkan rupiah
tertekan.

"Yang perlu juga kita perhatikan adalah perkembangan dalam negeri terkait dengan neraca pembayaran. Bank Indonesia akan terus memantau ini dan merespons dalam bentuk kebijakan di bidang moneter...kita akan menjaga inflasi, kita akan menjaga neraca pembayaran," katanya.

Ia kemudian menegaskan komitmen untuk menjaga stabilitas keuangan dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Lebih lanjut ia mengakui jika gejolak terhadap perekonomian dalam negeri antara lain dipicu oleh perkembangan kondisi global.

Berdasarkan kurs referensi JISDOR (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate) per 20 Agustus 2013, nilai tukar rupiah kembali mengalami pelemahan menjadi Rp10.504 per dolar AS, dibandingkan kurs pada hari sebelumnya sebesar Rp10.451 per dolar AS.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 03.06. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 03.06. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Pemerintah Akan Keluarkan Paket Kebijakan EkonomiI Jumat"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive