Headlines
Published On:Kamis, 22 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

TNI AD Segera Diperkuat Roket Astros

Malang, 22/8 - TNI Angkatan Darat segera diperkuat dengan alat utama sistem senjata baru dan canggih berupa roket Multiple Launch Rocket System buatan Brazil atau Peluncur Roket Artillery Saturation Rocket System II MK 6.

Peluncur Roket Astros itu untuk dua batalyon yang ditempatkan di Artileri Medan, kata Komandan Yonarmed 1/105 Tarik Letkol Arm Aria Yudha di Malang, Kamis,.

Batalyon Armed 1/105 Tarik, Kodam V Brawijaya Malang, Jawa Timur merupakan salah satu batalyon yang akan diperkuat roket canggih tersebut.

Ia mengatakan kesatuannya siap menerima Astros II, baik dari segi sarana prasarana latihan, maupun pemberdayaan prajurit.

"Rencananya, pengiriman peluncur roket Astros II akan dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama pengiriman paling cepat tuntas pada Desember 2014," kata Danyon Armed saat menerima kunjungan wartawan Jakarta yang didampingi Kasubdispenum Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Kolonel Inf Zaenal M.

Menurut dia, peran dari kodam yang sudah lakukan penataran penggunaan dan pemeliharaan Astros kepada prajurit. Semua sudah dipersiapkan untuk dapat mengoperasikan Astros II.

Sarana dan prasarana juga termasuk penyiapan tempat penyimpanan (garasi) yang mampu menampung hingga 18 peluncur roket. Tak hanya itu, pihaknya juga membangun tempat penyimpangan ruangan pemeliharaan dan lain-lain.

Yudha menambahkan, prajurit yang ada juga telah dipersiapkan mulai dari pelatihan bahasa inggris, teknisi dan lainnya. "Karena alat canggih menggunakan sistem komputering, makanya kami terus mempersiapkan personel yang ada," katanya.

Astros II MK 6 yang akan memperkuat alutsista nasional merupakan alutsista canggih buatan Brazil. Astros II MK 6 memiliki daya jelajah roket hingga 350 km.

Persenjataan tersebut diyakini menjadi alutsista yang paling modern karena memiliki jarak jangkau yang jauh serta berdaya ledak besar (450 mm). Bahkan, pengoperasiannya sudah menggunakan sistem komputerisasi.

Saat ini, alutsista yang dimiliki baru sebatas pada meriam 105 mm-M101A1 buatan Amerika tahun 1942, dan meriam 76/GN buatan Yugoslavia dengan tahun pembuatan 1949.

"Nanti, jika Astros II tiba dari Brazil, Meriam 105 mm tersebut akan ditarik ke markas Armed pusat yang berada di Cimahi. Diletakkan di mana itu urusan dari pusat," katanya.

Astros II memiliki kehandalan dan keakuratan cukup tinggi, terutama adaptabilitas terhadap karakteristik daerah operasi di Indonesia. Selain itu, Astros II memiliki daya tahan terhadap cuaca dan medan geografis
sehingga sangat mendukung operasional dan taktis TNI AD.

ASTROS II pada hakekatnya adalah sebuah sistem lengkap. Terdiri dari komponen kendaraan peluncur, disebut sebagai AV-LMU (Universal Multiple Launcher), kemudian ditunjang dengan kendaraan pembawa/re-supply amunisi (AV-RMD), dimana AV-RMD mempunyai kapasitas angkut sebanyak dua kali untuk pengisian tiap AV-LMU.

Untuk elemen pengendali tembakkan, dipercayakan kepada varian ranpur komando AV-VCC yang dilengkapi peralatan komunikasi untuk mengkoordinasikan sampai tiga baterai ASTROS II. Paketnya makin lengkap lagi jika unit kendali penembakan AV-UCF juga diturunkan.

Dilengkapi radar dan komputer penembakan, AV-UCF berperan sebagai FDC (Fire Direction Center) bagi unit AV-LMU. Kehadiran AV-UCF dapat meningkatkan persentase perkenaan secara signifikan dan memperpendek waktu serangan.

Meski tertinggal beberapa tahun dari Malaysia, dengan anggaran 405 juta dolar Amerika, RI telah melakukan finalisasi untuk mendatangkan sekitar 36 unit ASTROS II MK6.

Hadirnya Astros II menjadikan kekuatan artileri medan (armed) TNI AD kini sejajar dengan AD Malaysia. Di negeri Jiran sendiri, telah jauh lebih dulu mengoperasikan MLRS sejak 2001.


(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 05.08. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 05.08. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "TNI AD Segera Diperkuat Roket Astros"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive