Headlines
Published On:Jumat, 16 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

Anggaran PEMILU 2014 Dari APBN Rp 17 Triliun

Jakarta, 14/8 - Pemerintah menganggarkan Rp17 triliun dari Anggaran  Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014 untuk Pemilu 2014.

"Belanja (spending) pemerintah itu besar, yakni Rp17 triliun belum lagi  dari 12 parpol yang pasti mengeluarkan `budget` yang sangat besar," kata  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa usai Pidato  Kenegaraan Presiden di Gedung DPR, Jakarta, Jumat.

Hatta meyakini dengan adanya belanja pemerintah yang besar pada Pemilu  akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi 2014.

"Dampaknya sangat besar sekali. Jadi akan menggerakan ekonomi," ucapnya.

Dia juga meyakini pertumbuhan ekonomi pada 2014 masih di atas enam persen.

Dalam pidato kenegaraannya di DPR, Jumat, Presiden Susilo Bambang  Yudhoyono juga mengimbai mengenai pentingnya mengelola ekonomi di tengah  kepastian ekonomi global yang masih dilanda krisis, kerukunan dan  toleransi bangsa serta petingnya menyukseskan pemilu.

"Tahun depan, kita akan melaksanakan pemilu legislatif serta pemilu  presiden dan wakil presiden yang akan diikuti oleh 12 partai politik  nasional dan tiga partai politik lokal di Aceh. Dari segi pembiayaan,  penyelenggaraan pemilu kedua tidak tergolong sedikit," tuturnya.

Dia menyebutkan anggaran Rp17 triliun belum termasuk biaya yang  dikeluarkan oleh para peserta pemilu.

"Sungguh, ini sebuah perhelatan demokrasi yang sangat akbar, tidak saja  bagi negeri ini, namun juga dalam bandingannya dengan pemilu di  negara-negara demokrasi lainnya," ujarnya.

Presiden Yudhoyono berharap Pemilu 2014 akan berlangsung lancar, tertib  dan damai.

"Tidak kalah penting dengan itu, kita juga berharap agar penyelenggaraan  pemilu nanti memenuhi standar yang berlaku secara universal, yang dalam  tradisi demokrasi haruslah bersifat bebas dan adil, `free and fair`,"  katanya.


(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 19.30. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 19.30. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Anggaran PEMILU 2014 Dari APBN Rp 17 Triliun "

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive