Headlines
Published On:Selasa, 30 Juli 2013
Posted by infosukabumi

Kemenhub Integrasikan Kamera CCTV 25 Pelabuhan

Jakarta, 29/7 - Kementerian Perhubungan mengintegrasikan kamera CCTV di 25 pelabuhan untuk memberikan pengamatan yang lebih baik dalam memantau moda transportasi laut saat mudik lebaran tahun 2013.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub telah melakukan pemasangan dan pengintegrasian kamera CCTV di 25 lokaso pelabuhan," kata Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, Bobby Mamahit, Senin.

Menurut dia pengintegrasian kamera CCTV di 25 pelabuhan tersebut akan dipantau secara "real time" oleh Posko Pusat Ditjen Perhubungan Laut.

Ke-25 pelabuhan tersebut antara lain Pelabuhan Dumai, Tanjung Balai Karimun, Palembang, Samarinda, Pontianak, Nunukan, Bau-Bau, Belawan, dan Batam.

Selain itu, pelabuhan lainnya adalah Tanjung Pinang, Tanjung Priok, Tanjung Emas, Tanjung Perak, Banjarmasin, Kumai, Balikpapan, Tarakan, Makassar, Sampit, Ambon, Ternate, Pare-Pare, Manado, Bitung dan Jayapura.

Kemenhub telah memperkirakan jumlah penumpang moda transportasi laut saat lebaran 2013 akan mengalami peningkatan sebesar 5 persen dibanding tahun 2012 menjadi sebanyak 1.664.832 orang.

Sebelumnya, Kemenhub melakukan uji petik kapal secara serentak di 10 pelabuhan untuk memeriksa kesiapan arus mudik demi kenyamanan pengguna jasa kapal laut.

"Kementerian Perhubungan kembali melakukan uji petik di sepuluh pelabuhan di Indonesia secara acak guna memastikan kesiapan dan kelengkapan alat keselamatan pelayaran di atas kapal," katanya.

Bobby Mamahit memaparkan, kesepuluh pelabuhan tersebut antara lain Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta), Tanjung Perak (Surabaya), Makassar dan Pare-pare (keduanya di Sulawesi Selatan), Merak (Banten), Balikpapan (Kalimantan Timur), dan Batam (Kepulauan Riau).

Selain itu, pelabuhan lainnya yang diuji secara serentak tersebut mulai minggu ini adalah Pelabuhan Lembar (Nusa Tenggara Barat), Bitung dan Manado (keduanya di Sulawesi Utara).

Ia memaparkan uji petik dilakukan oleh tim terpadu yang terdiri dari Marine Inspector Kantor Pusat Ditjen Hubla dan Unit Pelaksana Teknis setempat yang melakukan pemeriksaan keselamatan pelayaran secara acak.

Sedangkan berbagai kapal yang diperiksa adalah kapal penumpang, kapal penyeberangan serta kapal Ro-Ro di Pelabuhan. "Hasil uji petik untuk memastikan kembali sejauh mana kesiapan operator dalam menghadapi musim angkutan laut lebaran," katanya.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 05.11. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 05.11. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Kemenhub Integrasikan Kamera CCTV 25 Pelabuhan"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive