Headlines
Published On:Senin, 29 Juli 2013
Posted by infosukabumi

MENSOS Buka Puasa Dengan Para Pemulung

Jakarta, 28/7 - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri berbuka puasa dengan ratusan pemulung yang tinggal dalam gerobak di wilayah DKI Jakarta, Minggu.

Sebelum berbuka puasa, Mensos berdialog dengan para pemulung tersebut di Sasana Krida Karang Taruna Kelurahan Guntur, Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan.

Mensos sebelumnya juga menyapa Ce Amah (80) yang ikut anak dan menantunya tinggal di gerobak.

Sudah setahun Ce Amah ikut keliling sekitar Jakarta Pusat mencari sisa-sisa kemasan botol air mineral, meskipun ia hanya duduk di dalam gerobak yang didorong menantunya.

Mensos sebelumnya juga berbuka puasa dengan ratusan anak jalanan di Taman Ismail Marzuki.

Direktur Rehabilitasi Tuna Sosial Kementerian Sosial Sonny W Manalu mengatakan bahwa pemulung di Jakarta diperkirakan mencapai 1.200 jiwa sedang di seluruh Indonesia sekitar 130 ribu jiwa.

"Yang kita tangani adalah pemulung yang permanen, bukan yang musiman," kata Sonny.

Bagi pemulung yang memang hidup dari memulung karena kebutuhan atau permanen tersebut, Kementerian Sosial membina mereka di sejumlah panti asuhan.

"Bagi yang mau direhabilitasi kita bawa ke panti kita, satu keluarga itu kita tempatkan di satu rumah. Jadi suasana kekeluargaan tetap di dapat," katanya.

Kementerian Sosial memiliki 100 unit rumah untuk membina 600 jiwa pemulung selama enam bulan. Selain di panti Kemensos, ada juga yang dibina oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial yang difasilitasi Kemensos.

"Setelah dibina kita lakukan pendekatan, maunya mereka apa. Apakah mau usaha atau dipulangkan ke kampung asalnya," tambah Sonny.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 03.38. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 03.38. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "MENSOS Buka Puasa Dengan Para Pemulung"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive