Headlines
Published On:Senin, 29 Juli 2013
Posted by infosukabumi

TKI Sabah Bawa Uang Ratusan Miliar Rupiah

Nunukan, 28/7 - Uang yang dibawa tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Negeri Bagian Sabah Malaysia pulang ke kampung halamannya selama bulan suci Ramadhan 1434 Hijriyah mencapai ratusan miliar rupiah.

Seorang spekulan mata uang asing (ringgit Malaysia) di Pelabuhan Tunon Taka bernama Makka, Minggu mengaku, TKI dari Sabah yang pulang ke kampung halamannya melalui Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara selama bulan puasa ini diperkirakan berjumlah ribuan orang setiap hari.

Makka mengemukakan, sudah menjadi tradisi bagi TKI yang bekerja di Sabah setiap bulan suci Ramadhan banyak yang memilih pulang kampung untuk melaksanakan hari raya Idul Fitri bersama keluarganya.

Banyaknya TKI yang pulang kampung tersebut, dipastikan pula membawa uang hasil pekerjaan bertahun-tahun di negeri tetangga minimal 1.000 ringgit Malaysia (RM) atau setara Rp3.160.000 per orang.

Jika dihitung dari 1.000 TKI yang pulang melalui Pelabuhan Internasional Tunon Taka Nunukan maka total uang yang dibawa pulang sekitar Rp3,16 miliar per hari dengan nilai tukar 1 ringgit Malaysia setara Rp3.160.

Namun sebagian besar TKI yang pulang kampung membawa uang ringgit melebihi dari RM1.000 atau bahkan sebagian besar dari mereka membawa hingga puluhan ribu ringgit, kata Makka.

"Hitung saja, sekarang sudah memasuki hari ke 18 bulan puasa maka diperkirakan uang yang dibawa TKI pulang ke kampungnya sudah mencapai ratusan miliar rupiah," ungkap Makka.

Menurut dia, dalam sehari biasa membeli mata uang ringgit Malaysia dari TKI mencapai RM15.000 atau rata-rata RM10.000 setiap hari.

Hal yang sama dikemukakan spekulan mata uang asing lainnya bernama Suardi. Ketika ditemui di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Minggu menyatakan, sampai saat ini telah berhasil mengumpulkan sekitar RM53.500 atau Rp169 miliar lebih.

Mata uang Malaysia yang dimilikinya tersebut, dia mengaku, belum ditukar menjadi mata uang rupiah karena perlu mengamati perkembangan nilai tukar terlebih dahulu.

Sementara jumlah spekulan mata uang asing di Kabupaten Nunukan diperkirakan mencapai puluhan orang sehingga jika dikalkulasi total uang yang dibawa TKI dari Sabah telah mencapai ratusan miliar atau bahkan
mencapai triliunan rupiah, ujar Suardi.

Salah seorang TKI bernama Masran mengaku selama lima tahun bekerja di Sabah baru kali ini pulang melaksanakan bulan suci Ramadhan bersama keluarganya di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan.

Selama berada di sana bekerja di perkebunan kelapa sawit di Lahad Datu Sabah dan berhasil mengumpulkan upah kerjanya sebanyak RM20.000 atau Rp63 juta lebih.

"Alhamdulillah selama lima tahun bekerja di Sabah bisa kumpulkan uang sebanyak itu. Saya akan rencana bangun rumah atau beli kebun di kampung," ujar Masran saat ditemui di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Sabtu.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 04.01. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 04.01. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "TKI Sabah Bawa Uang Ratusan Miliar Rupiah"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive