Headlines
Published On:Kamis, 25 Juli 2013
Posted by infosukabumi

Pemerintah Distribusikan 20 Ton Daging Sapi

Jakarta, 22/7 - Pemerintah terus mengupayakan penurunan harga daging sapi yang hingga saat ini masih berada pada kisaran Rp95.000 per kilogramdengan mendistribusikan 20 ton daging sapi lokal.

"Untuk menstabilisasi harga daging sapi, didistribusikan 20 sampai 22 truk yang masing-masing berisikan satu ton daging sapi lokal yang halal," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, sebelum melucurkan penjualan perdanadaging sapi murah di Kementerian Perdagangan, Senin.

Gita mengatakan, dengan adanya pasokan yang akan dilakukan hingga "H-2"tersebut, diharapkan mampu menurunkan harga daging sapi yang hingga saatini masih berada pada kisaran tinggi.

"Jika pendistribusian daging sapi ini bisa dilakukan secara sistematis dikurang lebih 22 titik yang diperbantukan akan sangat membantu untukmenstabilkan harga daging sapi," ucap Gita.

Mendag menjelaskan, terkait penolakan pedagang di Pasar Senen beberapa waktu lalu, akibat dari ukuran daging yang terlalu besar dan sulit dipotong, yang menyebabkan daging-daging tersebut tidak diminati oleh
pembeli dan pedagang.

"Kemarin juga ada keterbatasan dengan mesin pendingin, namun kita sudahfasilitasi dan didistribusikan juga ke tempat lain," ujar Gita.

Sementara itu, pendiri Artha Graha Tomy Winata mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan distribusi sampai harga daging sapi di pasar stabil,dengan menjual daging sapi sebesar Rp70.000 per kilogram yang diluar harga normal.

"Dalam waktu satu minggu, sudah seharusnya harga daging sapi dipasar-pasar kembali stabil dan tidak lagi tinggi," kata Tomy.

Menurut dia, pihaknya juga melakukan pemotongan sapi sebanyak 600 ekor dan diharapkan segera dipasok ke pasar-pasar tradisional, agar dalam waktu dekat harga daging sapi bisa turun dan stabil.

"Marilah dalam suasana Ramadhan ini kita kerja sama agar pengusaha tidak rugi dan mereka mendapatkan harga yang wajar, sama-sama untung tetapi mendapatkan untung yang wajar," ujar Tomy.

Daging sapi yang dipasok untuk program Penjualan Daging Sapi Murah tersebut merupakan kerja sama Kementerian Perdagangan, Perum Bulog, Pemda DKI Jakarta, PT. Artha Graha, dan Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI), PT. Tanjung Unggul Mandiri (PT. TUM).

PT. Artha Graha sendiri menyediakan 20 truk dan Perum Bulog dua truk daging sapi beku, dan akan dijual dengan harga eceran tertinggi ke masyarakat sebesar Rp70.000 per kilogram.

Sebanyak 22 truk dengan kapasitas masing-masing sebesar 800kilogram hingga satu tong daging sapi siap untuk didistribusikan ke 23 titik, yang terdiri dari 20 titik kelurahan di wilayah DKI Jakarta, 1 titik di Pasar
Jatinegara, 1 titik di Pasar Rakyat di Kantor Wali Kota Jakarta Utara untuk daging beku, dan 1 titik di Pasar Cipete untuk daging segar.

Program Penjualan Daging Sapi Murah ini direncanakan akan berlangsung hingga "H-2" Idul Fitri 1434 Hijriah, dan pemerintah mengharapkan harga daging sapi mengalami penurunan harga.

(Antara) 

About the Author

Posted by infosukabumi on 03.10. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 03.10. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Pemerintah Distribusikan 20 Ton Daging Sapi "

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive