Headlines
Published On:Kamis, 22 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

96 Persen Lulusan Pendidikan KKP Diserap Industri

Jakarta, 21/8 - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkapkan sekitar 96 persen lulusan pendidikan perikanan di lingkup KKP terserap di dunia kerja terutama industri perikanan baik di dalam maupun luar negeri.

Kepala Badan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP) KKP, Suseno Sukoyono di Jakarta, Rabu, mengatakan, pada Februari 2013 pihaknya melakukan monitor terhadap 1.363 orang lulusan pendidikan perikanan lingkup KKP tahun 2012.

"Hasilnya menunjukkan 96 persen terserap di dunia kerja dan empat persen lainnya berwirausaha dan melanjutkan pendidikan," katanya.

Sedangkan untuk 1.061 lulusan pendidikan KP tahun 2013 yang baru akan diwisuda Juni dan Juli lalu, tambahnya, sebanyak 711 orang (67 persen) telah terserap pada dunia usaha maupun dunia industri perikanan.

"Jumlah ini tidak termasuk lulusan STP (Sekolah Tinggi Perikanan) Jakarta sebanyak 334 orang yang akan diwisuda akhir Agustus ini," katanya.

Suseno menyatakan, kegiatan pendidikan yang dilaksanakan BPSDM KP merupakan salah satu upaya untuk mendukung industrialisasi kelautan dan perikanan sebagai salah satu program unggulan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selain itu, lanjutnya, dukungan terhadap program industrialisasi kelautan dan perikanan juga dilakukan melalui kegiatan pelatihan terhadap masyarakat, melalui Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan
(P2MKP).

Dia menyatakan, P2MKP dibangun, dimiliki dan dikelola oleh masyarakat baik perorangan maupun kelompok guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan jiwa kewirausahaan dan penyebaran informasi serta teknologi.

"Saat ini telah ditetapkan sebanyak 351 P2MKP sampai akhir 2013 dengan kategori pemula dan madya," katanya.

Selama periode 2010-2012, tambahnya, Pusat Pelatihan KP telah menghasilkan lulusan sebanyak 35.830 orang atau 65,15 persen dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) sebanyak 55.000 orang.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 03.32. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 03.32. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "96 Persen Lulusan Pendidikan KKP Diserap Industri"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive