Headlines
Published On:Jumat, 16 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

Pasukan Tank Antisipasi "Jumat Kemarahan" di Mesir

Kairo, 16/8 - Pasukan tank tempur digelar di jalan-jalan utama Kairo, ibu  kota Mesir, pada Jumat untuk mengantisipasi demo sejuta orang pendukung  presiden terguling Mohamed Moursi bertema "Jumatul Ghadhab (Jumat  kemarahan)".

Jalan-jalan utama itu seperti di Salah Salim, Yussuf Abbas dan Thairan di  seputar Bundaran Thairan, Abbasea, Ramses, Thairan dan Bundaran Tahrir di  pusat kota Kairo.

Pemeriksaan ketat berlangsung di jalan-jalan. Sedikitnya enam kali mobil  Antara dihentikan dan digeledah tentara bersenjata saat hendak memantau  situasi di kota Kairo pada Jumat pagi.

"Keberadaan barisan tank tempur mirip seperti terjadi di masa revolusi 25  Januari (2011 yang menumbangkan rezim Presiden Hosni Mubarak)," kata  seorang wartawan asing di Bundaran Masjid Iman, Kairo Timur.

Bundaran Masjid Iman di Jalan Makram Ebeid merupakan tempat baru aksi  duduk pendukung Moursi, berpindah dari Bundaran Masjid Rabiah Adawiyah  yang jaraknya berdekatan sekitar tiga kilometer.

Masjid Iman menjadi tempat disemayamkannya 314 mayat korban serangan  pembubaran paksa oleh aparat di Bundaran Rabiah pada Rabu (14/8).

Pada Kamis (15/8) malam, pasukan keamanan berusaha membubarkan massa di  Bundaran Majid Al Iman dengan menembakkan gas air mata, tapi pendukung  Moursi terus bertahan.

Ratusan jenazah tersebut dishalatkan usai shalat Jumat dan dilanjutkan  dengan demo sejuta orang.

Sebanyak 30 kelompok yang menamakan diri "Aliansi Nasional Pendukung  Keabsahan Presiden Moursi" termasuk Ikhwanul Muslimin menyerukan pendukungnya di Kairo dan seantero negara itu untuk turun ke jalan pada Jumat guna memprotes tindakan kekerasan aparat keamanan.

Ulama kharismatik Mesir yang bermukim di Qatar, Syeikh Yusuf Qardhawy,  juga menyerukan rakyat Mesir untuk turun ke jalan memprotes kebrutalan  polisi dan tentara.

Sementara itu, menurut laporan resmi Kementerian Kesehatan Mesir, jumlah  korban tewas dalam bentrokan pada Rabu (14/8) sebanyak 674 orang tewas dan  5.451 orang cedera di Kairo dan berbagai kota provinsi.

Namun, Ikhwanul Muslimin mencatat jumlah korban 2.637 orang tewas dan  sekitar 13.823 orang cidera.


(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 19.34. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 19.34. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Pasukan Tank Antisipasi "Jumat Kemarahan" di Mesir "

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive