Headlines
Published On:Kamis, 15 Agustus 2013
Posted by infosukabumi

Umum - Dahlan: 40-AN BUMN Dukung Pembinaan Olahraga Indonesia

Jakarta, 14/8 - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan sedikitnya 40 BUMN besar akan memberikan dukungan penuh pada pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga Indonesia yang dipersiapkan untuk turun pada beberapa kejuaraan internasional.

Salah satu bentuk keseriusan dalam memberikan dukungan, Kementerian BUMN melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kemenpora serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di Kantor Kementerian BUMN Jakarta, Rabu.

"Seharusnya dana sudah cair beberapa bulan yang lalu. Tapi semuanya perlu proses birokrasi makanya terlebih dahulu harus ada MoU dengan Kemenpora dan juga KONI," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan di sela penandatangan MoU.

Menurut dia, bentuk dukungan yang akan diberikan oleh BUMN ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bentuk dukungan yang diberikan berupa sponsorship dan bukan lagi dalam bentuk dana Corporate Social Responsibility (CSR).

"Latihan bagi atlet juga gak bisa ditunda. Begitu juga dengan dana, tidak bisa ditunda-tunda lagi. Makanya harus segera dicairkan sesuai dengan tahapan yang ada," katanya menambahkan.

Dengan bentuk sponsorship, kata dia, maka dibutuhkan kejelasan siapa saja atlet yang akan didukung dan bagaimana peluangnya karena atlet yang didukung ini harus berpeluang mendapatkan medali. Untuk itu dibutuhkan data-data atlet yang memiliki peluang mendapatkan medali.

Berdasarkan MoU antara Menteri BUMN, Kemenpora dan KONI dukungan dari BUMN ini untuk atlet yang akan turun pada SEA Games 2013, Asian Games 2014, SEA Games 2015 dan Olimpiade 2016.

"Misalnya untuk SEA Games. Berapa target yang dicanangkan, siapa atlet yang diunggulkan semuanya harus jelas," kata mantan Dirut PLN itu.

Ketua Umum KONI Tono Suratman mengatakan saat ini pihaknya terus menghitung siapa saja atlet yang berpeluangan mendapatkan medali pada multi event yang akan diikuti. Dalam mencari atlet yang berpotensi pihaknya langsung menggandeng para pengurus besar olahraga.

"Semuanya dalam proses. Yang jelas dana dari BUMN ini akan digunakan untuk pelatihan, peralatan, honor serta suplemen," katanya di sela penandatangan MoU.

Sementara itu Menpora Roy Suryo menyambut baik MoU antara KONI dengan Kementerian BUMN. Hal tersebut dipastikan akan meringankan beban pemerintah dalam pengadaan dana untuk kejuaraan multi event ini.

"Anggaran APBN terbatas. Dengan adanya kerjasama antara KONI dan BUMN ini jelas akan menjadikan solusi guna memenuhi anggaran yang dibutuhkan. Semoga semuanya bermanfaat," katanya.

Dalam penandatanganan MoU antara Menteri BUMI, Kemenpora dan KONI terkait dukungan peningkatan prestasi atlet juga dihadiri oleh beberapa perwakilan BUMN seperti Pertamina. Selain itu juga dihadiri perwakilan pengurus besar cabang olah raga.

(Antara)

About the Author

Posted by infosukabumi on 15.29. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By infosukabumi on 15.29. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Umum - Dahlan: 40-AN BUMN Dukung Pembinaan Olahraga Indonesia"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.

    Blog Archive